Artikel

 

Setelah Kiamat, Apakah Tuhan Akan Pensiun?

Apakah dalam agama, ada settingan, Tuhan akan pernah mengalami masa pensiun? Artinya, setelah kiamat datang, langit bumi digulung.Setelah itu selesai, Tuhan tidak berperan sebagai Pencipta lagi?

Sirah Sahabat Nabi Muhammad SAW

Dalam perang Uhud, ketika pasukan muslim porak poranda karena sebagian besar pemanah meninggalkan posnya, seorang sahabat melihat Hamzah didekat sebuah pohon sedang berdoa: "Aku adalah singa Allah dan singa Rasul-Nya

Filosofi T.I.T.I.P KH Hasan Abdullah Sahal

“Kalau mau punya anak bermental kuat, orangtua-nya harus lebih kuat, punya anak itu jangan hanya sekedar sholeh tapi juga bermanfaat untuk umat, orangtua harus berjuang lebih ikhlas, ikhlas, ikhlas,” pesan KH. Hasan Abdullah Sahal, pimpinan Pondok Gontor kepada para wali santri.

Donasi Sekarang

Rahasia Gus Dur Selalu Dirindukan

Gus Dur mencintai manusia dengan tulus. Melayani dan menggembirakan hati mereka yang luka. Itu rahasianya. Para wali yang diziarahi juga demikian. Gus Dur besar sendiri meski andai pun tak jadi presiden. Beliau lebih besar dari Presiden. 

Bedanya Santri Dulu dan Sekarang

Seandainya santri sekarang seperti santri dulu, ditambah ada gerak batin dan sekolah, maka akan lebih hebat dari santri dulu. Santri sekarang itu kurang tirakat, tidak terlalu merasakan barakah. Dulu, syubhat saja tidak mau, apalagi haram.

Manfaat Langgengkan Wudlu

Dan orang yang mudawamatul wudlu, rizqinya dilapangkan oleh Allah SWT. Maka Nabi mengatakan: “dum ala thaharah yuwassa’ alaika rizqu”; langgengkanlah berwudlu maka akan dilapangkan rizkimu.

Kisah Seorang Jamaah yang Dijemput Rasulullah

Nak, teruskan pengajian kalian, maulid kalian, kegiatan kalian bersama orang yang sanadnya langsung ke Rasulullah. Karena ibu sudah merasakan indahnya dan nikmatnya dijemput Rasulullah.

Kerancuan Badrusalam Lagi: Tentang Imam Baihaqi, Ibnu Kullab dan Penafian Kaifiyah

Saya betul-betul tidak habis pikir dengan Ustadz satu ini. Sudah dua kali saya menulis khusus tentang bagaimana dia sengaja berbohong, mengarang redaksi sendiri lalu dinisbatkan pada para Imam. Silakan cek tulisan saya sebelumnya.

Hubungan Hadratussyaikh KH Hasyim Asy'ari dengan Al Azhar

“Saya tidak punya tempat lagi, kecuali Jami' Al-Azhar, dan Ulama'-nya Jami' Al-Azhar, yang bisa ditanya dalam semua masalah, dan yang mampu menyingkap masalah-masalah yang musykil,” Hadratussyaikh KH Hasyim Asy'ari.

5 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Bermaksiat

Al-Imam Ibrahim bin Adham pun menjawab, "Jika kau mau memegang teguh lima nasehat ku ini, serta mampu untuk menjalankannya, maka tidaklah mudah tuk dirimu akan terjerumus dalam jurang kecelakaan serta maksiat."